Rabu, 21 Maret 2018

MARKETING MIX

Marketing adalah satu bagian yang memiliki peran sangat penting sekali dalam suatu perusahaan, karena marketing memiliki fungsi untuk mencari, mendapatkan, mempertahankan dan memperbanyak konsumen serta menguasai pasar. Sedangkan Mix adalah campuran berbagai variable atau bentuk atau sistem yang berubah-ubah.

Dengan kata lain Marketing Mix dapat diartikan sebagai sekumpulan variabel – variabel marketing, yang digunakan oleh perusahaan untuk mengejar target penjualan yang diinginkan.

Marketing Mix menjadi sebuah fungsi yang luar biasa bagi sebuah bisnis atau perusahaan apabila dapat berjalan dengan baik dan kontiniti.


TEKNIK MARKETING MIX (4P - 7P)
Istilah dalam Marketing Mix seringkali disebut dengan 4P-7P, yang terdiri dari : Product, Place, Price, Promotion, Process, Participant dan Physical Evidence.

1. PRODUCT (PRODUK)
Produk menjadi hal utama dalam memenangkan persaingan bisnis, baik beruba benda, jasa atau apapun yang dihasilkan dari proses produksi sebuah perusahaan. Untuk itu, dibutuhkan keunikan dan keunggulan produk yang akan kita jadikan jagoan dalam persaingan bisnis. Dalam menentukan produk unggulan, berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan :
     1. Memperhatikan Kompetitor,
     2. Menerima Saran dan Kritik,
     3. Membebaskan Ide Sebebas-bebasnya,
     4. Implementasi Ide,
     5. Berani Mengambil Resiko,
     6. Sabar dan Konsisten,
     7. Evaluasi,
     8. Berpikir Outside The Box

Dengan cara-cara tersebut kita akan mampu merumuskan sebuah produk yang akan mampu menjadi raja dalam persingan bisnis.
2. PLACE (TEMPAT/DISTRIBUSI)
Tempat atau cara pendistribusian produk sebuah bisnis, ikut menentukan berhasil atau tidaknya dalam persaingan. Untuk itu, perlu dilakukan beberapa hal :
     - Menentukan segmentasi pasar, siapa calon pembeli dan bagaimana cara untuk memudahkan pembeli.
     - Keunggulan kemudahan calon pembeli menemukan produk yang akan dijual.

3. PRICE (HARGA)
Harga terbagi dalam dua bagian, yaitu :
     a. Harga Modal, 
         Yaitu total jumlah kebutuhan dalam proses produksi, mulai dari bahan mentah  sampai menjadi barang siap jual.
     b. Harga Jual
         Yaitu harga yang akan dibayar oleh pembeli, harga jual didapat dari Harga Modal + Laba.

Dalam persaingan bisnis, sebuah perusahaan harus mampu menetapkan harga dengan baik. Dalam istilah bisnis penetapan harga seringkali disebut COGS (Cost Of Good Selling).

4. PROMOTION (PROMOSI)
Promosi adalah upaya sebuah perusahaan untuk mengajak calon pembeli untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan.
Unsur-unsur Promosi adalah sebagai berikut :
     - Sales Person
     - Public Relation (Marketing Team : Marcomm Manager, Bussiness and Development, dll)
     - Program Marketing (Iklan)

5. PROCESS (PROSES)
Proses adalah suatu kejadian yang berlaku sejak awal proses hingga akhir penjualan. Proses harus berjalan secara kontiniti dan konsisten. Karenanya sebuah perusahaan harus menetapkan Standar Kualitas sebuah perjalanan proses untuk menjaga terjadinya proses berjalan dengan baik. Standar ini biasa disebut dengan SOP (Standard Operational Procedure).

6. PARTICIPANT (PARTISIPASI/SDM)
Faktor ini disebut dengan Sumber Daya Manusia yang terlibat, baik langsung maupun tidak langsung dalam sebuah perusahaan. Faktor ini sangatlah penting dalam menentukan keberhasilan sebuah perusahaan dalam persaingan.

Dalam Marketing Mix, selain Marketing Tim, terdapat pula sebuah sistem atau manusia sebagai pelaksana distribusi. Maka yang harus dilakukan sebuah perusahaan adalah : 
     - Perusahaan menyediakan sarana dan pimpinan-pimpinan tim yang mampu meningkatkan atau mengembangkan kemampuan kerja karyawannya, tidak hanya memacu karyawan untuk memenuhi target.
     - Perusahaan berlaku adil terhadap setiap karyawan tanpa kecuali.
     - Perusahaan melakukan kewajibannya dan menghargai hak karyawannya.
     - Perusahaan memberikan apresiasi bagi karyawan yang telah bekerja dengan baik

7. PHYSICAL EVIDENCE (PACKAGING/KEMASAN)
Kemasan menjadi faktor penentu ketertrikan calon pembeli ketika pertama kali melihat produk yang ditawarkan. Maka dari itu, kemasan harus menarik dan mampu mengkomunikasikan manfaat dan keuntungan konsumen ketika membeli produk yang ditawarkan.

Berdasarkan penjelasan diatas, maka Marketing Mix sudah menjadi barang tentu yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan.

SEMOGA BERMANFAAT.

Diskusi bersama :
HOLIT MP dan ANTO RISTARGI



Daftar Pustaka :

Mata Kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi Pemasaran, FIKOM semester II, Universitas Mpu Tantular. Dengan Dosen Pembimbing Ibu Serefina Tiur Maida, S.Sos, M.Pd

https://www.dewaweb.com/blog/marketing-mix/

https://www.google.co.id/search?dcr=0&ei=q3-yWtm7KMqq8QXn07OIBw&q=marketing+adalah&oq=MARKETIING+adalah&gs_l=psy-ab.1.0.0i13k1l7j0i13i30k1l3.4645.10870.0.13015.18.15.0.0.0.0.523.2589.2-5j2j0j1.8.0....0...1c.1.64.psy-ab..12.6.1953...0j0i7i30k1.0.PjF3G21kcA0

https://www.dewaweb.com/blog/menemukan-keunikan-untuk-memenangkan-persaingan-usaha/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar