Selasa, 20 Maret 2018

MENGEMBANGKAN KOMUNIKASI EFEKTIF

Ada delapan langkah dalam mengembangkan komunikasi yang efektif, yaitu :


1. Mengidentifikasikan pemirsa atau konsumen sasaran : menganalisa pembeli potensial produk perusahaan dan menetapkan target konsumen. 
2. Menentukan tujuan komunikasi : kebutuhan kategori, kesadaran merek, sikap merek, maksud pembelian merek. 
3. Merancang komunikasi : strategi pesan, strategi kreatif, sumber pesan, adaptasi global. 
4. Memilih saluran komunikasi. 
    - Saluran komunikasi pribadi : dua orang atau lebih berkomunikasi tatap muka, antara seseorang dengan pemirsa, melalui telepon atau melalui e-mail.
    - Saluran komunikasi nonpribadi : komunikasi yang diarahkan ke lebih dari satu orang dan meliputi media, promosi penjualan, acara dan pengalaman, serta hubungan masyarakat.
5. Menetapkan total anggaran komunikasi pemasaran : metode terjangkau, metode persentase penjualan, metode paritas kompetitif, metode tujuan dan tugas. 
6. Memutuskan bauran komunikasi pemasaran (marketing mix). 
7. Mengukur hasil komunikasi : mengukur dampak pesan yang dikomunikasikan terhadap konsumen sasaran dan umpan balik yang diterima. 
8. Mengelola proses komunikasi pemasaran terintegrasi : mengkoordinasikan media, mengimplementasikan IMC (Integrated Marketing Communication) atau komunikasi pemasaran terpadu.


sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_pemasaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar