Rabu, 14 Oktober 2020

CATATAN PUBLISITAS BERSAMA IBU SEREPINA III (PERAN MEDIA RELATION)

 

PERAN MEDIA RELATION BAGI PERUSAHAAN ATAU ORGANISASI MENURUT WARDHANI


Hari ini berbeda dengan pertemuan sebelumnya, karena tidak ada meeting zoom, maka tidak ada lemparan pertanyaan dari Bu Sere. Bu Sere hanya melempar materi di Edlink dan memberi tugas dengan batasan waktu pengumpulan. Tugas tersebut meminta kami untuk membuat tulisan mengenai Peran Media Relation.

Begitu keras perjuanganku untuk mendapatkan catatan hari ini, karena sinyalku mengalami gangguan, tapi akhirnya aku bisa mengumpulkan tugasku walaupun harus aku revisi ulang.

Nah, dari yang kutemukan dari beberapa artikel, media relations sangat penting bagi public relations sebab tujuan utamanya ialah membentuk reputasi perusahaan. Secara singkat, media relations adalah strategi komunikasi yang dilakukan oleh public relations untuk menjaga hubungan dengan media. Bagi seorang public relations, media adalah sarana untuk publikasi tentang segala informasi mengenai perusahaan untuk reputasi suatu perusahaan.

Lalu bagaimana peran media relations saat pandemi?

Sebelum pembahasan mengenai fungsi peran media relations dalam menangani krisis, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian krisis menurut beberapa pendapat para ahli. Krisis menurut Fearns Banks dalam Wingley dan Zhang adalah situasi atau kejadian besar dengan dampak negatif dan secara potensial dapat mempengaruhi sebuah organisasi atau industri termasuk publiknya, produknya, jasanya ataupun nama baiknya. Krisis dapat menyela transaksi normal yang kadang dapat mengancam keberadaan organisasi.

Ok, langsung kita bahas saja peran media relation tersebut.

Menurut Wardhani tahun 2008, media relations memiliki 10 peran bagi perusahaan atau organisasi, yaitu sebagai berikut :

  1. Media untuk mendapatkan publisitas seluas mungkin tentang kegiatan atau langkah lembaga ataupun organisasi yang baik agar diketahui oleh khalayak umum.
  2. Memperoleh tempat dalam pemberitaan media, laporan, ulasan, dll yang objektif dan seimbang tentang hal – ha yang menguntungkan kegiatan lembaga atau organisasi
  3. Media berperan untuk mendapatkan umpan balik dari masyarakat mengenai upaya serta kegiatan lembaga atau organisasi
  4. Media untuk melengkapi data atau informasi bagi pimpinan lembaga atau organisi untuk keperluan pembuatan penilaian atau assesment secara tepat berkaitan dengan situasi atau permasalahan yang mempengaruhi keberhasilan kegiatan lembaga atau perusahaan
  5. Media juga berperan dalam mewujudkan hubungan yang stabil dan berkelanjutan yang dilkitasi oleh rasa saling percaya dan saling menghormati satu sama lain
  6. Media dapat mengidentifikasi krisis yang sedang terjadi. Kecanggihan era teknologi sekarang ini mampu merekam data beberapa kejadian. Identifikasi krisisi penting untuk mengethaui kejelasan faktor yang merupakan krisis agar tidak mengalami kesulitan dalam menangani krisis. Jika telah dilakukan identifikasi faktor yang menjadi aspek penting krisis, maka perusahaan akan dapat mengetahui apakah krisis tersebut dapat ditangani atau tidak. Sehingga perusahaan tidak akan membuang energi untuk menangai krisis yang jelas tidak dapat memberikan hasil.
  7. Media juga dapat berperan dalam analisis krisis. Media dapat menyajikan pengolahan data yang penting kaitannya untuk analisa krisis.
  8. Media relations dapat berperan untuk mencegak sert penanggulangan krisis. Namun akan lebih baik jika media relations diposisikan sebagai faktor pencegah krisis karena bagaiamanapun juga mencegah lebih baik daripada mengobati.
  9. Media relations sebagai suatu alat untuk membentuk persepsi publik agar tidak ada informasi yang dapat merusak citra perusahaan. Karena media memiliki pengaruh yang besar bagi masyarakat untuk membentuk opini publik
  10. Media memiliki karakteristik salah satunya adalah bersifat melembaga. Maksudnya pihak yang mengelola media melibatkan beberapa individu yang tidak sedikit mulai dari pengumpulan, pengelolaan sampai dengan penyajian informasi. Sifat kelembagaan inilah yang menambah posisi media menjadi kuat.

Nah, itu saja yang aku tulis catatan hari ini, sebelum sinyalku kembali bersembunyi di balik tirai sembrani.

 

HOLIT / 173124350010036

PUBLISITAS

DOSEN : Ibu SEREPINA TIUR MAIDA, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom.


2 komentar: